Minggu, 27 September 2015

Apakah Stroke itu ?

Seringkali kita mendengar istilah Stroke. Secara umum dipahami bahwa Stroke adalah suatu serangan terhadap OTAK, baik stroke pendarahan maupun stroke iskemik. Sedangkan keadaan umum pasien yang sering kita lihat berupa berjalan yang tidak lancar atau harus dibantu atau disangga tongkat dsb, atau harus menggunakan kursi roda karena kaki tidak kuat menopang tubuh dsb, itu adalah keadaan aktivitas motorik dan sensorik yang terganggu atau menurun, tetapi Anda perlu tahu bahwa itu adalah KONDISI PASCA STROKE. 

Sedangkan Stroke nya sendiri adalah kejadian serangan pada sistem pembuluh darah ke OTAK.

PENYEBAB DAN AKIBAT.

Stroke Pendarahan adalah pecahnya bagian tipis (aneurysma) pada pembuluh darah otak, penyebabnya bisa salah satunya tekanan darah yang terlalu tinggi atau daya tahan pembuluh darahnya yang sudah lemah. Kejadian stroke berdarah tidak khusus usia tertentu, tapi bisa terjadi di semua usia.
Darah yang keluar dari pembuluh darah yang pecah tsb menekan jaringan otak dan pembuluh darah otak sehingga pasokan oksigen dan nutrisi ke otak menurun atau terhenti. Sehingga bagian yang terkena dapat rusak. Otak yang rusak tidak pulih, dan karenanya impuls motorik / sensorik yang sedianya difungsikan oleh bagian otak tsb menjadi tidak ada lagi. Yang dapat kita amati adalah pasien kehilangan kemampuan motorik / sensorik tergantung bagian mana dari otak yang rusak akibat terkena serangan stroke. Stroke berdarah mempunyai resiko lebih besar lagi bila jumlah pendarahan yang lebih besar lagi dapat menekan otak dalam tempurung cranial tsb sehingga penurunan fungsi otak tsb dapat berakibat hilang kesadaran, koma, dan bahkan dapat terjadi kematian. Sehingga yang harus dilakukan apabila ada kejadian stroke, segera dibawa ke Unit Gawat Darurat Rumah Sakit (UGD RS). Tanda tanda stroke dapat berupa keluhan pusing tiba tiba dan penurunan kemampuan berbicara atau kemampuan gerakan tubuh atau tubuh lemah tiba tiba atau jatuh maupun jatuh pingsan. Beberapa tanda lain berupa penurunan fungsi penglihatan dan penurunan kesadaran atau ingatan. Stroke juga dapat disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah otak (bukan pendarahan).

Stroke Iskhemik adalah serangan stroke yang disebabkan penyumbatan/ penyempitan pembuluh darak ke otak, sehingga pasokan oksigen dan nutrisi untuk otak menurun atau terhenti sehingga jaringan otak rusak. Akibatnya fungsi otak di bagian yang terkena menjadi hilang. Jaringan otak yang rusak tidak pulih. Precondition penyebab Stroke adalah Diabetes, Merokok, Hipertensi, Hiperkolesterolemia. Bila Anda punya Diabetes, ujungnya adalah salahsatunya Stroke, apabila Anda tidak melakukan pengobatan dan perubahan cara hidup.

THERAPEUTIC WINDOW TIME.

Waktu penyelamatan untuk semua jenis stroke adalah 3 jam, maksudnya dalam waktu 3 jam pertama dari serangan maka pasien harus sudah mendapatkan perawatan intensif di UGD Rumah Sakit untuk menyelamatkan otaknya dari kerusakan. Bila jelas iskhemik stroke maka 3 jam pertama pasien sudah mendapatkan terapi thrombolysis maka besar harapan otak yang terkena masih dapat terselamatkan.

Sedangkan untuk jenis stroke pendarahan (pecah aneurysma / pecah pembuluh darah otak) maka dalam waktu 3 jam sejak serangan apabila pasien sudah mendapatkan perawatan untuk menjaga agar otak tidak tertekan oleh darah.  Maka ada harapan pasien masih sempat untuk diselamatkan.
Dan semua itu dilakukan hanya oleh dan di UGD Rumah Sakit. Persentase harapan hidup untuk pasien yang terkena stroke pendarahan tidak besar, semakin cepat dibawa ke UGD RS semakin baik untuk mencegah memburuknya keadaan.

PENCEGAHAN.

Apa yang dapat kita lakukan agar kita terhindar dari serangan stroke?

1. Dalam kondisi udara kering / panas  Anda harus banyak minum. Darah yang mengental akibat dehidrasi dalam udara panas, kering, dapat berakibat aliran darah ke otak dan jantung mengalami penurunan drastis akibat penyumbatan. (Heat Stroke).

2. Tekanan darah Anda harus stabil normal dari waktu ke waktu. Apabila Anda mempunyai riwayat penyakit Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) maka setiap hari Anda harus makan obat hipertensi.
Atau cara lain yang Anda dapat lakukan untuk betul betul menjaga agar tekanan darah Anda tetap stabil normal dari waktu ke waktu. Tiap-tiap orang berbeda beda angka normalnya.

3. Kadar Gula Darah Anda harus stabil normal dari waktu ke waktu. Apabila Anda mempunyai riwayat penyakit Diabetes Mellitus maka Anda harus diobati setiap hari bahkan setiap saat. Atau cara lain yang Anda dapat lakukan untuk betul betul menjaga agar kadar gula darah Anda tetap stabil normal dari waktu ke waktu. DIET adalah salah satu yang paling diwajibkan.

4. Kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Perbanyak menerima HDL (kolesterol baik) dan kurangi masuknya kolesterol jahat (LDL) dari makanan Anda setiap hari.
HDL ada dalam minyak ikan / omega3  ,  LDL banyak dalam lemak tumbuhan sawit / hewan ternak berkaki empat, minyak goreng, santan, lemak beku, lemak trans untuk goreng ayam crespe, margarine hasil hidrogenasi trigliserida minyak sawit.

5. Kadar polusi asap. Jagalah agar diri Anda terhindar dari polusi asap apapun, karena radikal bebas dalam asap apapun itu paling berpotensi merusak pembuluh darah dari dalam.

6. Kurangi makan, dietlah dengan hanya makan buah dan sayur, kalau ingin makan yang lebih dari itu, Makan ikan lebih baik dibandingkan makan daging ternak berkaki empat. Ikan yang berenang di air dingin yang lemaknya tetap cair dan berfungsi, akan makin berfungsi baik dalam tubuh kita yang 37 derajat celcius. Lemak hewan ternak yang tampak membeku di udara normal akan lebih beku lagi di sudut sudut pembuluh darah kita yang rusak dari dalam oleh asap polusi.
===================================================================
Kapsul Anti Hipertensi

Ingredients= Mengkudu, Bawang Lanang, Mahkota Dewa, Daun Afrika

Herbal racikan ini terbuat 100% murni  herbal tanpa bahan sintetis ataupun tanpa bahan kimia, sehingga bebas dari - efek samping yang membahayakan.

KAMI MENJAMIN KEASLIAN DAN KEMURNIAN SEBAGAI KOMITMEN KAMI KEPADA PELANGGAN.

Spesifikasi

Bahan: 100% murni mengkudu, bawang lanang, mahkota dewa, dan daun afrika
Kemasan : 3 Botol @ 50 kapsul
Ukuran / Berat Kapsul :  0, isi 500 mg , sertifikat MUI

Manfaat
Mengobati hipertensi dengan herbal, tanpa efek samping
Mencegah dan mengobati hipertensi
Aturan Pakai

2 kapsul x 2 kali sehari (pagi dan malam setalh makan)
Harga Rp 105.000 = 3 botol @ 50 kapsul
Jual beli online yang aman=

https://www.bukalapak.com/p/personal-care/produk-kesehatan/kq8qf-jual-3-btl-kapsul-anti-hipertensi-4-active-ingredients
==============================================================
Kapsul Daun Afrika, Obat Diabetes


Bahan : 100% murni daun daun pohon afrika
Kemasan : 3 Botol @ 50 kapsul 
Ukuran / Berat Kapsul: Ø 0, isi 500 mg , sertifikat MUI

Manfaat Daun Afrika

Obat untuk: Diabetes,
Gangguan hati / kanker hati
Asam Urat
Penurun kolesterol jahat (LDL)
Darah Tinggi (hipertensi)
Infeksi persendian
Menghilangkan kesemutan di tangan dan kaki
Flu, demam, pusing kepala
Infeksi kerongkongan
Menguatkan fungsi paru-paru
Menghilangkan dahak
Menguatkan fungsi lambung
Reumatik
Antioksidan

Aturan Pakai

Minum 3 kapsul x 3 (tiga) kali sehari (pagi, siang, sore)

Harga Rp 105.000 = 3 botol @ 50 kapsul.
Jual-beli online yg aman  =

https://www.bukalapak.com/p/personal-care/produk-kesehatan/knkxl-jual-3-btl-kapsul-daun-afrika-obat-diabetes

============================================================

Anda juga dapat membaca tulisan saya yang lain di http://namahokibagus.blogspot.com/2015/09/kekuatan-besar-keberuntungan-yang.html

Anda ingin melakukan perhitungan Analysis Struktur Nama serta Hoki

atau Anda ingin mengetahui HOKI SELL POWER dari Nama USAHA / TOKO / PRODUK Anda?
 silakan mengirimkan data Anda ke email calvin_genna@yahoo.com


Salam Sejahtera selalu,
Calvin Genna









Tidak ada komentar:

Posting Komentar