Minggu, 01 November 2015

Juice Kulit Manggis




Kulit buah manggis diketahui sejak lama sangat berguna untuk menghambat proses penuaan, mencegah penyakit pembuluh darah, dan sebagai antikanker. 

Dr. Indah Yuliasih, peneliti manggis dari Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB), memberikan cara mengolah kulit buah ini menjadi minuman menyegarkan dan nikmat.  

Dalam diskusi pagi bersama wartawan di IPB, Dr. Indah menuturkan proses pembuatan minuman berkhasiat ini. Pertama, pisahkan kulit manggis dengan buahnya. Pengolahan bisa dengan mengikutsertakan biji manggis (kaya lemak) atau hanya sekadar kulit manggis yang mengandung Xanthone (bahan berkhasiat yang terutama). Gunakan sendok untuk mengeruk bagian dalam kulit yang sudah dibersihkan, dan pisahkan dari kulit keras di bagian luarnya.

Setelah itu, dinginkan di dalam lemari pendingin jika hendak disimpan hingga jumlahnya mencukupi. Lalu, campur dengan ethanol (nantinya ethanol ini akan dibuang melalui proses penguapan) dan air dengan perbandingan 1:2 dan hancurkan dengan blender. Endapkan selama 24 jam, setelah itu saring untuk memisahkan ampas dengan ekstrak Xanthone kulit manggis.

"Untuk membuat rasa yang enak, bisa dicampur dengan madu dan beri pewarna alami ekstrak bunga rosela, dan anggur atau apel sebagai penambah flavor," tutur Indah.

Menurut Indah, hasil pencampuran Xanthone dengan rosela dan madu dipanaskan dengan suhu 90-95 derajat celsius selama 10 menit untuk menguapkan ethanol. Setelah itu, dinginkan dengan suhu kamar lalu campurkan dengan flavor anggur atau apel. Nah, sirup Xanthone siap untuk dinikmati dengan dicampur air. 

===============================

Xanthones yang terkandung dalam kulit manggis yang memiliki sifat antitrombotik dan antiplatelet (menghambat agregasi platelet). Selain itu memiliki sifat vasorelaxation (menurunkan tekanan darah pada dinding pembuluh darah) dan sifat protektif terhadap penyakit kardiovaskuler (penyakit jantung iskemik dan atherosklerosis), hipertensi dan penyumbatab akibat trombosis.

Xanthone merupakan senyawa alami utama yang terkandung dalam kulit manggis yang memiliki manfaat yang cukup banyak dan istimewa dalam dunia pengobatan berbagai macam penyakit. Selain itu, xanthone juga memiliki senyawa turunan seperti Alfa-mangostin yang meupakan senyawa alami kulit manggis yang memiliki khasiat yang cukup yakni sebagai media penghambat dan menekan perkembangan sel karsinoma (sel kanker) terutama pada bagian organ pencernaan seperti usus.

Di samping itu, xanthone juga terdiri dari beberapa senyawa pendamping yang memiliki sifat sebagai anti peradangan, anti diabetes, anti kanker, anti jamur, anti bakteri, anti plasmodal dan hepatoprotektif.


Serta mengandung gamma mangostin yang memiliki sifat anti peradangan yang jauh lebih baik dibanding dengan obat-obatan lainnya. Gamma mangostin juga memiliki sifat anti inflamasi terhadap penyakit alzheimer dan arthritis.

Xanthones larut dalam alkohol, sehingga proses ekstraksi hampir pasti selalu menggunakan alkohol sebagai pelarut. Ethanol sebagai bahan alkohol yang dianjurkan, karena tidak toksik, namun kendala harga ethanol relatif lebih mahal, tetapi ethanol murni lebih aman. Karena campuran alkohol yang tidak murni masih dapat mengandung Metanol dan ini dapat berakibat sangat fatal. 

Patut diwaspadai apabila proses ekstraksi dilakukan menggunakan jenis alkohol lain dapat berbahaya. Metanol sebagai bahan alkohol yang lebih murah, namun sangat toksik (beracun) yang dapat mengakibatkan kebutaan dan kematian. Menggunakan metanol untuk mengekstraksi kulit manggis termasuk sebuah ddosa.  

Tentu setiap hari kita baca berita puluhan orang tewas karena minum miras oplosan, ini terjadi di banyak negara. Saya jelaskan disini bahwa mereka tewas oleh Metanol, dan metanol dapat saja berada dalam campuran alkohol yang tidak dimurnikan tanpa kita sadari. 
http://news.liputan6.com/read/2372136/mensos-miras-oplosan-bisa-sebabkan-kebutaan-total

Kembali ke standard emas= pelarut ethanol adalah yang aman untuk mengekstraksi kulit manggis. 
#################################################################

Bagaimana kalau agama dan kepercayaan saya melarang saya dari alkohol walaupun sedikit,
atau saya ingin paling aman tanpa rasa was was pokoknya bebas alkohol ?
Solusinya adalah Kapsul Kulit Manggis Tanpa Proses Ekstraksi, Jadi Murni tanpa penggunaan alkohol samasekali. Karena tanpa alkohol, Halal sertifikat MUI.


Kapsul kulit buah manggis yang Halal

Spesifikasi Kapsul Kulit buah Manggis

Bahan : 100% murni kulit buah manggis
Kemasan: 3 botol @ 50 kapsul, 
Ukuran / Berat Kapsul Ø 0, isi 500 mg , sertifikat Halal MUI

Manfaat

Antioksidan / Sebagai radikal bebas
Detoksifikasi, Memutihkan dan Menghaluskan kulit (membuang racun)
Membantu Kesembuhan penyakit jantung, Ginjal, Stroke, HIV/Aids, Diabetes dan 43 jenis penyakit degeneratif lainnya

Aturan Pakai

2 kapsul x 3 kali sehari

Harga Rp 105.000 = 3 botol @ 50 kapsul
Belanja Online yang aman=
https://www.bukalapak.com/p/personal-care/produk-kesehatan/knn30-jual-3-btl-kapsul-kulit-manggis-halal-mui

Tidak ada komentar:

Posting Komentar