Minggu, 15 November 2015

FengShui Rumah

Rumah Yang Baik Menurut FENGSHUI


Ilmu Feng shui (風水) adalah ilmu topografi kuno Tiongkok yang merumuskan bagaimana manusia dan langit (astronomi), serta bumi (geografi), hidup dalam harmoni untuk membantu memperbaiki semangat hidup dengan menerima energy Chi positif. Chi terdapat di alam sebagai energi yang tidak terlihat. Chi baik disebut dengan kiasan "kosmik naga". jenis Chi ini digolongkan sebagai pembawa rejeki dan nasib baik. namun ada pula Chi buruk yang disebut Sha' Chi sebagai pembawa nasib buruk. Perhitungan ilmu Fengshui bisa diterapkan ke banyak hal, salah satunya adalah untuk membuat/mendesain sebuah rumah yang baik.


Sebuah rumah yang baik memiliki halaman pekarangan hijau dan kolam air berisi ikan dan air mancurnya/ air terjunnya, walaupun dlm bentuk super mini.
Ada banyak aspek untuk membuat sebuah desain rumah yang baik menurut Fengshui, diantaranya adalah :


  • Penempatan ruangan dengan tepat dan baik menurut ilmu Fengshui (ada beberapa macam cara untuk mengatur/menentukan lokasi)
  • Rumah harus mendapatkan cahaya yang cukup (tidak berlebihan)
  • Keamanan lingkungan di sekitar rumah juga harus diperhatikan
  • Harus mendapatkan sirkulasi udara yang bagus
  • Buatlah rumah senyaman mungkin
  • Jagalah kebersihan rumah
  • Pilihlah warna yang baik
  • Bentuk rumah

Syarat-syarat diatas adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi supaya menjadikan rumah itu baik ditempati secara ilmu pengetahuan. Lalu setelah itu bisa meminta bantuan seorang pakar Fengshui untuk mencari lokasi yang mempunyai 气 (CHI) yang baik.

Lingkungan yang harus dihindari untuk sebuah rumah adalah :


  • Jangan dekat dengan kuburan
  • Jangan tinggal dekat rumah sakit
  • Jauh dari tempat pemotongan hewan (jagal)
  • Jangan tinggal di dekat jalan tol, rel kereta api
  • Mungkin ada beberapa lagi lingkungan yang perlu dihindari
  • Tidak dekat dengan menara listrik tegangan tinggi, menara telekomunikasi
  • Tidak boleh dekat kuburan karena sering terjadi peristiwa penguburan dan sering melihat orang-orang yang menangis. Akan mempengaruhi / menurunkan kekuatan mental kita sedikit demi sedikit. 

  • Inilah yang dinamakan memancarkan hawa negatif. Yang lainnya juga bisa dicerna dengan logika. Inilah namanya Fengshui yang memakai logika.

Beberapa ruangan yang perlu mendapatkan perhatian khusus adalah :

Pintu Utama menghadap ke arah yang tepat sesuai KUA kepala keluarga (pencari nafkah).
Ruang tidur utama
Dapur
Lokasi tangga
Kamar mandi

Mintalah bantuan pakar fengshui untuk mencari daerah-daerah yang baik, daerah yang 气 (CHI) nya bagus untuk ruang tidur, dapur dan aturlah posisi dan lokasi tangga dengan baik. Sementara daerah yang 气 (CHI) nya kurang bagus dipakai untuk kamar mandi.


-Kesimpulannya, gabungan antara ilmu pengetahuan  arsitektur, desain interior dan yang lain) dengan penerapan ilmu Fengshui akan membuat rumah menjadi baik-
=============

Di halaman rumah usahakan ada taman dengan kolam dan air mengalir baik itu air mancur atau air terjun. Besar atau kecil disesuaikan dengan situasi tempat tsb, ukuran ruang yang ada,  dan kondisi keuangan Anda. 
Air yang mengalir di halaman rumah akan mengundang rezeki kekayaan, karena FengShui Air adalah untuk mendatangkan kekayaan.
Anda dapat membacanya lebih jelas dalam tulisan saya di http://namahokibagus.blogspot.co.uk/2015/09/air-yang-mengalir-di-halaman-rumah.html

==========================
crucialnya POSISI PINTU WC

Setiap rumah pasti memiliki kamar mandi dan wc sebagai tempat membersihkan diri untuk anggota keluarga. Posisi kamar mandi ada yang sekaligus jadi satu dengan wc, namun ada juga yang terpisah.


Menurut pengalaman para pelaksana ilmu FengShui, ada beberapa catatan mengenai letak kamar mandi dan wc yang harus dihindari, karena dianggap tidak sesuai dengan ilmu feng shui. Berikut uraiannya.

1. WC terletak di sisi depan berdekatan dengan pintu utama = Tidak baik.

Posisi seperti ini menurut feng shui tidak baik, karena secara tidak langsung akan menyebarkan sha qi atau energi buruk pada orang atau tamu yang datang ke rumah. Energi inilah yang mempengaruhi syaraf berpikir seseorang untuk bertindak negatif. Penghuni rumah yang memiliki komposisi seperti ini sering mengalami penipuan, kemalingan atau perampokan.

2. WC berhadapan dengan dapur = Tidak baik.

Pintu wc yang berhadapan dengan pintu dapur menurut feng shui tidak baik karena akan menimbulkan efek dorong dan hisap udara di antara dua ruangan tersebut. Dapur yang higienis sebaiknya tidak terkontaminasi dengan udara yang berasal dari wc, sehigga tidak mengundang virus berbahaya. Menurut feng shui, wc dan dapur yang berhadapan akan merusak keharmonisan suami istri .

3. WC berhadapan dengan kamar tidur= Tidak baik.

Pintu kamar tidur sebaiknya tidak berhadapan langsung dengan pintu wc atau kamar mandi baik. Posisi pintu yang berhadapan itu tidak baik untuk kesehatan dan keharmonisan hubungan suami istri. Bahkan dapat pula menyebabkan seseorang sulit memiliki keturunan.

4. Pintu WC terlihat dari pintu masuk= Kehilangan rezeki.

Dalam feng shui, posisi ini berpengaruh buruk dalam hal rezeki dan keuangan penghuni rumah, karena energi positif yang masuk langsung tersedot hilang ke dalam wc. Jalan keluarnya adalah dibuat sekat penghalang baik yang non permanen (portabel) dapat menggunakan tabir, lemari, tanaman atau furnitur maupun dibuatkan sekat yg permanen, atau mengubah tata letak hadapan dari pintu WC.

Untuk menghindari pengaruh buruk yang disebabkan posisi kamar mandi dan wc yang kurang tepat, ada beberapa saran sesuai feng shui, sehingga peruntungan Anda tidak akan hilang atau berkurang.

1. Letak kamar mandi atau wc sebaiknya berada di sudut belakang rumah

2. Apabila kamar mandi atau wc terletak dalam ruang keluarga atau kamar tidur, diusahakan posisinya agak tersembunyi dan memiliki ventilasi atau sirkulasi udara yang benar, misalnya mengarah ke taman atau ruang terbuka.

3. Jika letak wc dan kamar mandi terjepit di antara dua kamar tidur, sebaiknya di bagian plafon memiliki rongga lobang angin dan kaca yang tembus cahaya agar tidak terjadi penumpukan aliran bau tidak sedap , kegelapan dan kelembaban dapat dikurangi.

4. Mengeser salah satu pintu atau memberi sekat pada pintu wc dan kamar mandi yang berhadapan langsung dengan dengan pintu ruangan lainnya.
===================================================================

Fengshui untuk Rumah Kediaman


Dengan atau tanpa disadari oleh si pemilik rumah, lemahnya karakter fengshui rumah yang ditinggalinya ternyata sering mengakibatkan permasalahan keuangan dan persoalan rumah tangga yang tidak ada habisnya. Hal yang demikian ini seharusnya bisa dihindari jika sejak awal setiap orang memiliki pedoman untuk menentukan hunian yang paling tepat. Berikut adalah beberapa pedoman sederhana bagi Anda yang ingin membangun atau membeli rumah tinggal bagi keluarga:

Lokasi

Pastikan lokasi rumah yang Anda pilih terlindungi oleh bangunan-bangunan lain dari empat sisi, baik itu depan, belakang, kanan maupun kiri. Pelindung ini tidak boleh terlalu besar atau tinggi, terutama di bagian depan. Misalnya cukup berupa tanah lapang atau aliran air yang mengalir dengan baik.

Lokasi rumah yang perlu dihindari:


  • Terletak di daerah pegunungan, namun tandus atau kurang tanaman
  • Daerah rawan bencana gempa bumi
  • Daerah bekas rawa bertanah lembab
  • Daerah pertambangan
  • Daerah bertanah cadas, keras atau berbatu
  • Daerah bekas pemakaman
  • Daerah sekitar instalasi listrik bertegangan tinggi
  • Dekat dengan area jagal atau tempat pemotongan hewan
  • Tinggi tanah lebih rendah dari tinggi jalan raya terdekat
  • Jauh dari tetangga atau berada di lokasi yang sangat sepi


Sifat lahan

Sifat lahan yang kami maksudkan di sini adalah sifat tanah tempat rumah tersebut berdiri.
Pertama, tanah haruslah ‘hijau’. Dalam artian, ada cukup tanaman di sekitar tempat tersebut.
Kedua, tanah idealnya berbentuk persegi atau persegi panjang dengan rasio panjang : lebar = 2,5 : 1. Hindari bentuk lahan yang tidak beraturan. Terbaik segiempat.
Lahan rumah harus lebih tinggi daripada tinggi jalan, dan usahakan memiliki luas teras atau halaman yang cukup lapang.
Hindari lahan yang dekat dengan tempat-tempat berenergi Yin terlalu besar. Seperti penjara, kantor polisi, rumah jagal, pemakaman dan pusat instalasi listrik

Pondasi

Rumah yang baik adalah yang berpondasi kokoh, dan pondasi rumah hanya dapat berdiri kokoh bila dibangun di atas lahan yang subur.

Pencahayaan

Tempat tinggal haruslah memiliki pencahayaan sinar matahari yang cukup. Bila perlu, bangunlah kanopi yang dapat menangkap sinar matahari tersebut.

Ventilasi

Pastikan adanya sirkulasi udara yang baik dalam rumah. Jangan berlebihan, tapi juga jangan kurang.

Sejarah

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah rumah, Anda patut bertanya tentang alasan mengapa rumah tersebut dijual. Tanyakan siapa pemilik sebelumnya, berapa lama ia tinggal di sana dan apakah ada hal-hal tertentu yang pernah terjadi selama ia menempati rumah itu. Tidak lucu bila baru belakangan Anda tahu bahwa rumah yang Anda beli ternyata pernah menjadi tempat kejadian perkara suatu kasus pembunuhan berdarah. Jika pihak yang menjual sepertinya enggan berkata jujur, cobalah untuk bertanya kepada tetangga dekat yang sekiranya tidak keberatan berbagi cerita.

Jalan

Jalan, seperti halnya aliran air, mewakili keberuntungan materi atau kekayaan dalam kehidupan modern. Sehingga jalan yang paling baik adalah yang tidak sering menjadi langganan kemacetan, tidak juga terlalu sepi dan tidak berlika-liku.

Pintu utama

Lokasi dan arah pintu utama rumah sangatlah penting. Arah pintu utama ini tidak harus sama dengan arah hadap bangunan. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sehubungan dengan lokasi dan arah pintu utama pada bangunan tempat tinggal:
Pintu haruslah dalam keadaan baik, tidak rusak dan mudah dibuka maupun ditutup
Pintu sebaiknya berukuran proporsional bila dibandingkan dengan ukuran rumah, tidak terlalu besar namun juga tidak berukuran terlalu kecil.
Area dekat pintu utama sebaiknya cukup luas, seperti teras atau ruang depan jangan dipenuhi perabotan
Pintu utama tidak boleh berhadapan atau berseberangan langsung dengan kamar tidur, kamar mandi, maupun dapur. Juga tidak baik bila berseberangan langsung dengan pintu belakang rumah.
Pintu utama tidak boleh berada terlalu dekat dengan tangga. Sebagai solusinya, pasanglah partisi untuk memisahkan pintu dari tangga tersebut.
Pintu utama tidak boleh berhadapan langsung dengan cermin, karena cermin dapat memantulkan keluar energi positif yang masuk
Pintu utama jangan dihadapkan dengan sudut runcing atap tetangga atau bangunan lain yang memberi kesan seolah pintu tersebut ditusuk secara tajam
Arah mata angin pintu utama rumah harus sesuai dengan anjuran dari perhitungan KUA Anda. konsultasikan melalui surat email ke email calvin_genna@yahoo.com

Bagian dalam rumah

Bagian dalam rumah tidak boleh tampak gelap atau suram. Usahakan juga tidak cacat, rusak, usang, kuno atau bahkan bocor
Tidak boleh ada terlalu banyak pilar, karena akan memberi kesan seperti barisan jeruji besi penjara
Bila berlantai lebih dari satu, luas bangunan atas tidak boleh lebih lebar dari lantai di bawahnya
Bentuk rumah jangan tidak beraturan, entah itu segitiga atau trapesium
Rumah yang baik adalah rumah yang kokoh, baik secara konstruksi maupun tampilan fisik
Tidak baik bila rumah terlalu banyak belokan yang tidak perlu
Jarak antara langit-langit dan lantai tidak boleh terlalu dekat, juga tidak terlalu jauh
Pastikan rumah selalu bersih, tidak kotor, berdebu atau penuh perabotan yang berserakan dimana-mana

Hari baik

Pilihlah hari dan tanggal yang tepat, baik ketika membeli atau mulai pindah ke rumah baru.

Rumah yang baik secara Fengshui akan membawa banyak keberuntungan dan kebaikan bagi penghuninya. Karena itu gunakanlah pedoman singkat ini ketika Anda berniat membeli atau membangun rumah kediaman untuk keluarga Anda, semoga membawa keberuntungan dan kebahagiaan yang tak terhingga.

===========

Baca juga = http://namahokibagus.blogspot.com/2015/09/air-yang-mengalir-di-halaman-rumah.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar